TEMPAT PARIWISATA DI GARUT

4. Pantai Ranca Buaya




Tempat Wisata Garut
Pantai Ranca Buaya (Instagram).

Pantai Rancabuaya merupakan salah satu pantai yang ada di Kabupaten Garut. Saat ini pantai Rancabuaya mulai dikenal dan menjadi salah satu tujuan wisata pantai selatan di kabupaten Garut. Pantai ini berada di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut dan berjarak kurang lebih 135 KM dari pusat kota Garut.
Secara administratif, pantai Rancabuaya berbatasan dengan Desa Caringin di sebelah utara, dan dengan Samudra Hindia di sebelah barat. Sebelah selatan berbatasan dengan Desa Indralayang, dan di sebelah timur berbatasan dengan Desa Sinarjaya.

Lingkungan Alam

Pantai Rancabuaya berada di ketinggian 0-200 meter di atas permukaan laut dengan curah hujan 1.200 mm / tahun dan penyinaran matahari yang sedang dan kekuatan tiupan angin kecil. Kondisi perairan berwarna biru, bau udara normal, dan suhu normal.
Tinggi gelombang rata-rata kurang dari 1 meter, dan bahan dasar lautnya terdiri dari pasir halus, batu karang, dan pasir kasar termasuk daerah sepanjang garis pantai.
Kemiringan laut landai, serta ditumbuhi rumput laut dan ganggang hijau sebagai flora laut dominan. Sedangkan fauna laut dominannya adalah ikan tuna dan ikan karang.

Lokasi Pantai Rancabuaya

Ada beberapa rute yang bisa digunakan untuk mencapai pantai Rancabuaya. Anda bisa menggunakan jalur Garut - Pameungpeuk - Rancabuaya, dengan kondisi jalan yang bagus.
Hanya saja ada yang masih ada jalan bergelombang di sekitar gunung gunung tapi tidak terlalu panjang. Jalur lainnya adalah melalui rute Garut - Bungbulang - 


Untuk bisa menimati keindahan dan pesona pantai Rancabuaya yang memukau, pengunjung hanya dikenakan tarif Rp 5000-, per orang saat weekdays (senin – jumat) sedangkan tiket untuk hari weekend (sabtu – minggu) dikenakan tarif dua kali lipat dari hari biasa yakni Rp 10.000-, per orang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEMPAT PARIWISATA DI GARUT

TEMPAT PARIWISATA DI GARUT

TEMPAT PARIWISATA DI GARUT